Penyebab Foto Tidak Tajam

Penyebab Foto Tidak Tajam

Sekarang banyak kita jumpai dengan mudah orang menggunakan kamera untuk membagikan atau membuat sebuah momen. Tentu untuk mendapatikan hasil yang menakjubkan dibutuhkan teknik tertentu. Terkadang diantara kita masih kebingungan ketika melihat hasil gambar masih saja tidak tajam atau blur. Tidak hanya kamu yang masih sangat awam dalam dunia fotografi, foto tidak tajam atau blur juga bisa dialami oleh fotografer pro.

Penyebab Foto Tidak Tajam

Baiklah, untuk mengetahui permasalah apa saja yang menyebabkan hasi jepretan masih saja tidak tajam. Berikut beberapa hal yang faktor penyebab foto tidak tajam/blur:

  1. Shutter Speed Yang Kurang Tepat

Hal yang perlu kamu ingat adalah shutter speed jangan diatur lebih lembar dibanding 1/panjang focal. Untuk contoh mudahnya, ketika kamu menggunakan lensa dengan panjang 50 mm maka sebaiknya kamu gunakan shutter speed 1/60 atau lebih cepat. Hal ini juga berlaku pada lensa yang lebih panjang, misalkan lensa tela yang harus menggunakan shutter speed diatas 1/250. Keunggulan jika kamu menggunakan lensa tele adalah hasil blur atau hasil gambar tidak tajam akan lebih terlihat. Apabila kamu tidak memiliki lensa tele, lensa IS dan VR juga cukup membantu kamu untuk mendapatkan hasil foto yang lebih tajam.

  1. Pergerakan Objek Yang Akan Di Foto

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak bisa membedakan waktu yang tepat ketika menjepret objek. Tentu kita harus membedakan cara memfoto pada benda bergerak dan juga benda yang diam. Pergerakan objek semacam ini akan menghasilkan gambar yang tidak tajam jika dilakukan dengan cara yang salah. Walaupun kamu menggunakan auto focus namun jika tidak memahai pergerakan objek tetap saja gambar akan terlihat tidak tajam.

  1. Wide Open

Setiap lensa memang memiliki panjang yang berbeda maka dari itu gambar yang dihasilkan juga akan terlihat jelas berbeda. Namun, apapun lensa kamera yang kamu miliki biasanya memiliki ‘sweet spot’. Walaupun setiap lensa memiliki sweet spot yang berbeda-beda, pada umumnya yang dimiliki sekitar f/8 – f/11.

Kembali lagi, titik lemah dari penggunaan lensa adalah ketika menggunakan aperture yang besar sehingga hasil gambar tidak tajam.

  1. Pengaturan ISO

Yang menjadi penyebab hasil gambar tidak tajam adalah kamu mengatur ISO terlalu tinggi sehingga akan kemungkinan besar akan menghasikan noise. Maka dari itu, untuk hasil yang stabil kamu bisa menggunakan ISO 500. Ukuran tersebut bisa digunakan dalam segala kondisi namun kembali lagi, kamu bisa mengatur ISO sesuai dengan kebutuhan kamu

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!