Tips Foto Zoom Blur atau Zoom Burst

Tips Foto Zoom Blur Atau Zoom Burst

Zoom Blur atau Zoom Brust merupakan teknik dalam fotografi untuk menghasilkan ga,bar dengan tampilan garis disekitar objek. Garis tersebut bukan dikarena pergerakan objek melainkan dari gerakan lensa atau zoom lensa. Hasil foto dengan teknik ini bisa menghasilkan karya seni yang menakjubkan. Maka diperlukan teknik yang tepat namun ternyata tektik tersebut tidaklah semudah yang kamu bayangkan. Walaupun teknik ini memang terlihat simpel karena hanya cukup dengan memutar ring zoom yang ada di lensa sambil mengambil exposure, namun kamu harus mendapatkan kondisi tangan yang stabil karena memerlukan pergerakan untuk memutar ring zoom yang lambat.

Tips Foto Zoom Blur Atau Zoom Burst

Sebelum melakukan jepretan gambar dengan teknik ini, kamu bisa menyiapkan tripod untuk mendapatkan hasil yang bagus dan stabilitas gambar pun lebih tajam. Bahkan kamu bisa memanfaatkan perlengkapan ini untuk memotret gambar pada malam hari. Biasanya untuk menghasilkan foto zoom brush akan mustahil jika menggunakan tangan.

Untuk mendapatkan hasil foto zoom blur atau zoom brush, berikut teknik yang perlu kamu perhatikan:

  1. Pastikan untuk shutter kamera terbuka sehingga kita bisa meutar ring zoom pada kamera tersebut
  2. Untuk mendapatkan hasil gerakan gambar yang bagus, maka kita perlu atur shutter speed lebih rendah dari biasanya. Gunakan tangan secara perlahan, atur shutter antara ΒΌ hingga 1/10 detik. Akan jauh lebih bagus jika kamu menggunakan tripod karena kamu bisa mengaturnya dengan mudah. Setting kamera di shutter priority Tv atau S kemudian coba praktekkan dengan beberapa setting yang berbeda hingga kamu mendapatkan hasil yang kamu inginkan.
  3. Agar hasil jeretan kamu bagus maka kamu harus fokus terhadap objek sasaran kamu. tetapkan subjek sebagai titik fokus di tengah frame sebagai latihan. Kamu bisa menggunakan manual fokus atau back button focusing sehingga akan memudahkan kamu untuk mendapatkan fokus gambar terutama bagi kamu yang masih baru dalam mengenal teknik ini.
  4. Setting lensa di posisi zoom teroanjang dan tempatkan subjek utama di tangah frame. kemudian tekan tombol shutter dan putar lensa secara bersamaan. Pastikan kamera dalam keadaan stabil untuk langkah pertama, kemudian gerakkan secara lembut. Yang perlu kamu lakukan adalah memutar ring hingga habis. Untuk langkah selanjutnya kamu bisa memutar ring dengan lebih cepat namun kamu harus melakukannnya dengan stabil.
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!