Tips Menjaga Lensa Kamera Agar Selalu Awet

Tips Menjaga Lensa Kamera Agar Selalu Awet

Memiliki kamera, tentunya Anda mau tak mau harus melakukan perawatan secara periodik. Dengan harga pembelian yang mahal dan harga purna jual yang masih menjanjikan, kamera memang wajib dirawat sebagai modal berharga dimasa yang akan datang. Dalam merawat kamera, selain bodi kamera secara keseluruhan, pastinya bagian lensa pun juga tidak luput dari perawatan tersebut. Apalagi komponen lensa tersebut merupakan ‘mata’ yang wajib selalu untuk dirawat, karena lensa ini merupakan komponen utama untuk menghasilkan bidikan terbaik.

Jika kita perhatikan, lensa ini terbilang sebagai komponen yang rawan mengalami kerusakan karena di dalamnya terdapat optik yang memang sangat sensitif terhadap suhu dan kelembaban sekitar. Sebagai komponen yang rawan, tentunya lensa ini pun membutuhkan perawatan yang ekstra. Sebab lensa ini sangat vital dalam menghasilkan foto, mulai dari kemampuan menangkap cahaya, menangkap obyek, detail gambar yang ditangkap, dan sebagainya. Jika lensa ini rusak pastinya Anda akan membeli dengan yang baru, padahal harga satu lensa sangat mahal.

Tips Menjaga Lensa Kamera Agar Selalu Awet

Berikut cara merawat lensa kamera agar tetap awet :

  1. Simpan di tempat yang layak

Simpanlah kamera pada tempat yang layak, dalam arti jauh dari jangkauan anak-anak dan tidak disimpan sembarangan. Akan lebih baik jika disimpan dalam dry cabinet, yakni sejenis lemari yang suhu di dalamnya bisa diatur. Hal ini karena lensa akan mudah rusak jika disimpan dalam suhu lembab. Seperti kita ketahui, Indonesia beriklim tropis dengan kelembapan 70% sehingga lensa kamera akan rentan jika tidak disimpan dalam suhu yang baik.

  1. Hindarkan dari air dan kelembaban

Ketika kita akan melakukan aktivitas fotografi, sadar atau tidak, kita kadang akan menemui spot fotografi yang lembab seperti pantai, gunung, dan lokasi lainnya. Dalam kondisi tersebut, kadang lensa akan terkena air atau kelembaban tersebut, sehingga kita harus mengelapnya setiap beberapa menit sekali. Untuk mengelapnya, maka sebaiknya gunakan kain microfiber untuk mengurangi efek kelembaban tersebut.

  1. Hati-hati saat mengganti lensa

Seperti yang kita ketahui, lensa kamera DSLR ini dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Jika saat ini menggunakan kamera standar, maka bisa diganti dengan kamera micro untuk memotret obyek kecil dan bergerak. Obyek yang berbeda tersebut tentunya akan memerlukan lensa yang berbeda pula sehingga mau tak mau kita harus mengganti lensa. Jika kita tidak hati-hati dalam menggantinya, maka lensa ini akan mudah rusak.

 

Itulah tadi beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat lensa kamera. Tentunya Anda tidak mau bukan lensa kamera Anda rusak dan membeli lensa baru dengan harga yang mahal? Tips tersebut dapat Anda aplikasikan!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!