Trik agar foto lebih tajam

Trik Agar Gambar Lebih Tajam

Dalam fotografi tentu menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik. Namun kadangkala diantara kita masih menghadapi masalah dengan hasil gambar yang kabur dan tidak fokus. Masalah ini tidak hanya terjadi pada fotografer yang masih awam atau sudah profesional sekalipun. Masalah gambar tidak tajam biasanya diakibatkan oleh beberapa macam diantaranya kurang tepat ketika pengaturan kamera dan waktu pengambilan yang kurang tepat.

Trik Agar Gambar Lebih Tajam

Agar kamu bisa menghasilkan gambar yang maksimal dan terlihat tajam, berikut kami akan paparkan beberapa teknik yang perlu kamu perhatikan:

  1. Perhatikan dari Cara Memegang Kamera

Salah satu faktor yang bisa menghasilkan gambar yang bagus adalah cara memegang kamera. Hal ini biasanya berlaku ketika kamu tidak menggunakan tripod sebagai penyangga maka dari itu kamu harus seimbang dan simetris ketika ingin memotret gambar. Sebaiknya pelajari lebih dalam mengenai cara memegang kamera yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Tripod

Tripod merupakan salah satu perlengkapan kamera yang sangat membantu kamu untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus. hal ini sangat disarankan bagi kamu yang seringkali mengalami tangan tremor (tangan bergetar). Tangan yang tremor bisa mengakibatkan gambar yang tidak fokus dan blur sehingga akan sangat mengganggu aktivitas fotografi kamu. manfaatkan tripod sebagai pengganti tangan penyangga sehingga akan lebih efektif.

  1. Mirror Lock Up

Kamu menggunakan DSLR untuk fotografi kamu? Hampir semua jenis DSLR sudah dibekali dengan fitur yang bisa mengunci cermin sehingga tidak bergoyang ketika gambar mengambil exposure. Fitur tersebut disebut dengan mirror lock up. Caranya, aktikan fitur ini karena goiyangnan cermin bisa berefek pada ketahaman gambar.

  1. Manfaatkan Kabel Rilis

Kabel rilis berbentuj kabel yang secara fisik menempel ke kamera maupun yang sudah menggunakan remote nirkabel. Kabel rilis ini berfungsi agar kita tidak perlu menekan to,bol shitter dengan tangan langsung sehingga akan mengurangi kamera bergoyang.

  1. Setting Aperture

Untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus adalah pengaturan pada angka aperture. Angka ini biasanya sangat mempengaruhi ketajaman gambar namun banyak yang mengabaikan sehingga hasil gambarnya pun tidak maksimal. Semakinluas DOF maka semakin kecil pula bukaan diafragma atau aperture (F13-F22) dan semakin sempit DOF maka bukaan diafragma yang digunakan juga semakin besar (F1.8-F3.5)

  1. Setting ISO yang Kurang Tepat

ISO yang kurang tepat dalam memotret gambar juga bisa menghasilkan gambar yang kurang bagus. maka dari itu, untuk mendapatkan gambar yang tajam kamu bisa mensettinghnya dengan ISO dibawah 500. Sebab, ISO yang tinggi bisa menghasilkan noise yang tentu saja bisa mengganggu tampilan gambar.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!