Tutorial Memotret Timelapse Siang Ke Malam

Tutorial Memotret Time Lapse Siang Ke Malam

Dunia fotografi memang pantas digemari oleh banyak orang karena permainan teknik yang digunakan agar mendapatkan hasil jepretan yang epik. Salah satu teknik yang sangat mendukung untuk menghasilkan gambar di outdoor adalah Time lapse Fotography. Teknik ini merupakan teknik pengambilan gambar atau foto dengan menggunakan interbal waktu untuk mengambil beberapa frame foto dalam satu momentum dan satu sudut pandang. Objek timelapse yang biasanya digunakan pada umumnya adalah pemandangan kota, pemandangan bintang, gunung, dll. Maka dari itu, teknik ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang gemar traveling karena kamu akan menemukan banyak objek.

Untuk menghasilkan jepretan gambar dengan teknik timelapse siang ke malam memang membutuhkan waktu maka dari itu, setelah kamu menentukan objek yang kamu pilih sebaiknya perhatian hal-hal kecil kebutuhan kamu sembari menunggu hasil jepretan yang tepat.

Tutorial Memotret Time Lapse Siang Ke Malam

Agar tidak pegal memegangi kamera teknik ini sebaiknya kamu persiapkan peralatan penunjang kamera seperti tripod. Tripod akan memudahkan kamu untuk mendapatkan gambar yang konstan selain itu hasil gambar juga tidak akan blur. Penggunaan Tripod ini akan membantu kamu dalam pengambilan gambar karena waktu untuk pengambilan gambar cukuplah lama dan bahkan memakan waktu berjam-jam.

Pada umumnya, salah satu yang menjadi hal terpenting dalam teknik Timelapse Siang ke malam adalah framing. Hasil gambar serupa tentu akan menghasilkan satu frame yang indah maka dari itu kamu harus membutuhkan tripod untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus.

Dalam teknik Timelapse Siang ke malam tersebut ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui ketika menggunakan kamera diantaranya adalah interval timer shooting, aperture/shitter speed balance dan ISO. Pertimbangan lainnya adalah fitur white balance pada kamera. Namun, kita tidak memasukkan fitur ini ke dalam pengaturan diatas karena shoot dengan white balance bisa berubah ketika dilokasi. Sebaiknya kamu atur white balance dalam kondisi semula, kamu bisa mensetting white balance sesuai dengan kondisi saat kamu dilokasi pemotretan tersebut. Jika kamu memotret siang ke malam sebaiknya atur white balance 5600K karena selang waktu yang didapatkan masih murni sehingga fitur white balace tidaklah terlalu penting.

Jika kamu menggunakan kamera dengan otomatis, maka beberapa hal berikut yang perlu kamu perhatikan:

  1. Atur kamera kamu pada mode Apperture Priority
  2. Kemudian atur ISO rendah untuk suasana cerah sedangkan ISO tinggi untuk suasana redup atau gelap.
  3. Atur Intervalometer sesuai dengan yang kamu inginkan
  4. Tekan Auto Exposure Lock agar kamera bisa mengatur pencahayaan secara otomatis
  5. Tekan Shutter dan gunakan aplikasi untuk membuat menjadi satu frame menyerupai video. Cara Setting Custom White Balance
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!